Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta UNY

Jurusan PBI di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terbagi menjadi dua program studi, yaitu Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris. Program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) terdapat di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Kepala jurusan PBI FBS UNY adalah bapak Syamsul Ma’arif.
Dalam daftar pengajar tetap prodi PBI, tercatat ada 37 dosen. Sebanyak delapan belas dosen adalah perempuan, sedangkan sembilan belas lainnya adalah laki-laki. Tujuh dari tiga puluh tujuh dosen merupakan lulusan S1 jurusan pendidikan Bahasa Inggris. Mayoritas dosen, yaitu sebanyak dua puluh enam orang merupakan lulusan S2 dari berbagai universitas di Indonesia bahkan dari luar negeri. Sedangkan lulusan S3 masih sedikit, yaitu hanya sebanyak empat orang dosen. Keempat dosen tersebut menempuh pendidikan S3 di luar negeri. Tiga diantaranya di Australia, sedangkan yang satu di Amerik Beberapa dosen yang menempuh pendidikan di luar negeri di beberapa universitas berikut, Macquire University Australia, Sydney University, Monash University Australia, Ohio University America, Michigan University America and Hiroshima University Japan. Dosen-dosen dengan kualilifikasi pendidikan lebih tinggi, memiliki jabatan yang lebih tinggi juga Jabatan dosen prodi PBI diantaranya adalah tujuh lektor kepala, enam lektor, limabelas asisten ahli, dan delapan tenaga pengajar. Selain mengajar, dosen juga mengemban visi dan misi prodi PBI.
Visi prodi PBI Mewujudkan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang mengembangkan sistem budaya kerja sinergis yang menghargai proses pembelajaran, tanggungjawab, kreatif, dan nilai-nilai keadilan, kedamaian, dan kesantunan dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi sehingga mampu mampu menghasilkan tenaga kependidikan di bidang pembelajaran bahasa Inggris berwawasan global yang mengedepankan kualitas, relevansi, daya saing, kerjasama, solidaritas,dan kekhasan program studi. Sedangkan misi prodi PBI adalah menyelenggarakan pendidikan guru Bahasa Inggris yang mengedepankan mutu dan kekhasan program studi agar didapatkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, akademik-profesional, dan sosial. Kemudian mengembangkan pendidikan akademik dan/ atau professional dalam bidang kependidikan bahasa Inggris yang diarahkan untuk menghasilkan manusia yang bertakwa kepada Tuhan YME yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara melalui ilmu yang ditekuninya,peka terhadap kemajuan pendidikan bangsanya, dan selalu siap mengembangkan diri dan kepribadiannya untuk menjadi bagian dari masyarakat terdidik yang berwawasan global. Selain itu, engembangkan kegiatan penelitian untuk mengkaji dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pembelajaran bahasa Inggris untuk mensejahterakan individu dan masyarakat, dan mendukung pembangunan nasional. Lebih jauh yaitu, mengembangkan kegiatan pengabdian epada masyarakat yang mendorong pengembangan segala potensi alam dan manusia terutama melalui bidang ilmu pembelajaran bahasa Inggris baik secara individu maupun bersama untuk mewujudkan masyarakat belajar dalam kerangka pembangunan nasional. Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, maka disusun kurikulum.
Kurikulum yang berlaku di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY adalah Kurikulum 2009. Kurikulum yang dibuat berdasar pada keputusan menteri pendidikan nasional republik Indonesia nomor 232/ U/ 2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/ U/ 2002 tentang Kurikulum Inti, serta Visi dan Misi Universitas Negeri Yogyakarta seperti yang tertuang dalam statuta Universitas Negeri Yogyakarta sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 003/ O/ 2001. Langkah langkah penyusunan kurikulum adalah sebagai berikut.
1. Berkoordinasi dengan Tim Pengembang Kurikulum Universitas dan Tim Pengembang Kurikulum FBS yang didasarkan atas SK Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 243 tahun 2002 tertanggal 9 September 2002 mengadakan seminar dan lokakarya pengembangan kurikulum berbasis kompetensi.
2. Tim Pengembang Kurikulum Program Studi FBS kemudian mengadakan rapat-rapat dan diskusi dalam forum rapat jurusan/ prodi .
3. Pengembangan kurikulum 2009 disusun melalui lokakarya pada setiap jurusan atau prodi dengan tetap mempertimbangkan kurikulum 2002. setiap jurusan/ prodi membuat Tim Inti Penyusun Kurikulum 2009.
4. Masukan dari Senat FBS, mahasiswa, dan masyarakat profesi serta pemangku kepentingan kemudian dibawa ke rapat-rapat jurusan/ prodi sebagai bahan pertimbangan dan penyempurnaan.
5. Setelah dilakukan penyempurnaan, draft kurikulum 2009 ini kemudian dimintakan pertimbangan untuk disetujui dalam rapat Senat FBS dan Senat UNY.
Dalam aturan kurikulum, mahasiswa PBI FBS UNY wajib memilih satu mata kuliah paket pilihan konsentrasi sebagai pendukung kompetensi utama calon guru. Mata kuliah Paket Pilihan Konsentrasi adalah paket pilihan yang ditawarkan kepada mahasiswa Prodi PBI untuk dijadikan bidang keahlian spesifik yang mendukung kompetensi utama sebagai calon guru bahsa Inggris. Ada 5 (lima) pilihan konsentrasi yang ditawarkan untuk mahasiswa PBI, yaitu English for Children, English for Children, Translation Studies, Advanced Linguistics, dan Advanced TEFL. Paket pilihan konsentrasi ditempuh dalam semester (semester VI, VII, dan VIII). Mahasiswa wajib memilih satu paket pilihan konsentrasi. Paket pilihan konsentrasi bidang keahlian terdiri dari 10/12 SKS dari total SKS yang harus ditempuh untuk meraih gelar S1 PBI yaitu sebanyak 147/149 SKS.
Mata kuliah dari prodi PBI berjumlah 57 mata kuliah dengan beban 113 SKS. Jumlah SKS Mata Kuliah Teori (MT) yang harus ditempuh mahasiswa PBI FBS UNY adalah 75 SKS. Jumlah SKS Mata Kuliah Praktik (MP) adalah 56 SKS. Jumlah SKS Mata Kuliah Lapangan (ML) adalah 9 SKS. Pengaturan teknis dan operasional paket konsentrasi diatur oleh program studi. Mata kuliah yang ditawarkan oleh prodi PBI deapat dikelompokkan menjadi mata kuliah universiter, mata kuliah fakulter, dan mata kuliah program studi. Mata kuliah universiter ada yang harus diambil oleh mahasiswa tanpa terkecuali, diberi kode MDU, dan ada yang harus diambil oleh semua mahasiswa program kependidikan, diberi kode MDK. Mata kuliah fakulter diberi kode BSF. Mata kuliah program studi diberi kode ING dan PBI. Mata kuliah tersebut wajib diselesaikan oleh mahasiswa sebagai syaarat kelulusan. Untuk meningkatkan kualitas SDM dan menyalurkan bakat dan aspirasi mahasiswa, beberapa mahasiswa juga mengikuti kegiatan kemahasiswaan.
Kegiatan kemahasiswaan dalam organisasi mahasiswa (ORMAWA) yang diikuti oleh beberapa mahasiswa diantaranya BEM, DPM, UKMF, dan HIMA. Himpunan mahasiswa (HIMA) prodi PBI disebut juga EDSA (English Departement Student Association ). EDSA tahun 2010-2011 diketuai oleh Wahyu Aji Permana dari kelas PBI D 2009. EDSA bertujuan untuk meningkatkan kemampuan akademik dan menampung minat dan bakat mahasiswa PBI. Beberapa program yang dimiliki oleh EDSA adalah Cross Culture Understanding, Dialog Jurusan, Shoulder to Cry on, Penerbitan majalah Shield, dan EDSAnite. Pengurus EDSA tahun 2011 terdiri dari mahasiswa PBI angkatan 2009 dan 2010. EDSA dibagi menjadi 5 divisi.
1. Divisi 1 EDSA adalah Applied English and Development Division yang bergerak di bidang akademik dan diketuai oleh Jafrudin Nasser.
2. Divisi 2 EDSA yaitu Human Resources Development Division yang diketuai oleh Satrio Aji Pramono.
3. Divisi 3 EDSA adalah Division of English Library, Information, and Technology yang diketuai oleh Rina Kusumawati.
4. Divisi 4 EDSA yaitu Art and Literature Division yang bergerak di bidang seni dan diketuai oleh Johanes Baptista Ivan Sadhana Sari Antoro. Organisasi cabang dari divisi ini adalah EDSACOUSTIC, RELUNG, dan EMAC.
5. Divisi 5 EDSA yaitu Fund Raising Division, diketuai oleh Dewi Nurul L.M.
Urusan terkait kemahasiswaan ada di pusat layanan akademik (PLA) yang khusus untuk bagian kemahasiswaan FBS. Selain melayani kepentingan kemahasiswaan FBS, PLA juga mengelola sarana dan prasarana FBS termasuk prodi PBI.
Definisi prasarana adalah perelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan pelaksanaan proses pendidikan. Prasarana yang digunakan oleh mahasiswa maupun dosen prodi PBI diantaranya adalah SALC, perpustakaan FBS, kantor prodi PBI, Gedung IKM, PKM C, PLA, serta gedung C13, C14, dan C15. Student Acces Learning Centre (SALC) adalah salah satu ruang perpustakaan bahasa inggris untuk mahasiswa PBI. Ruang SALC bertempat di gedung C13 FBS UNY. Gedung Kuliah I FBS UNY adalah salah satu gedung kuliah yang digunakan mahasiswa PBI. Di Gedung Kuliah 1 terdapat perpustakaan FBS yang merupakan salah satu prasarana yang digunakan mahasiswa PBI FBS UNY dalam mencari refrensi. Sedangkan Himpunan Mahasiswa PBI (EDSA) memiliki kesekertariatan di gedung PKM C. Laboratorium bahasa yang digunakan prodi PBI adalah labtech, Citralab, dan Sanako lab. Ruang kantor prodi PBI FBS UNY terletak di gedung kuliah 1 sebelah selatan. Terdapat tiga halaman parkir FBS UNY yaitu di sebelah barat gedung kuliah 1, di sebelah utara PLA dan di timur gedung C13 & C14. Selain prasarana terdapat pula sarana yang menunjang kegiatan belajar mengajar prodi PBI. Beberapa sarana yang digunakan prodi PBI adalah LCD, papan tulis (white board), kursi, kipas angin, komputer dan headset. Mahasiswa PBI mendapatkan buku penunjang mata kuliah umum. Beberapa sarana dinilai sudah cukup baik namun masih ada beberapa sarana kuliah yang rusak seperti LCD dan headset. Tersedianya sarana yang baik diharapkan dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar.
Dengan demikian, prodi PBI memiliki manajemen yang lengkap. Diharapkan setiap elemen prodi PBI baik mahasiswa PBI, dosen, administartor kurikulum serta administrator sarana dan prasarana dapat meningkatkan kinerja pada peranya masing masing. Koordinasi yang baik diharapkan dapat mewujudkan misi prodi PBI, yaitu menyelenggarakan pendidikan guru Bahasa Inggris yang mengedepankan mutu dan kekhasan program studi agar didapatkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, akademik-profesional, dan sosial.

Komentar